Pengembangan Shortcut di Photoshop CS4
08.58 | Author: Bayu Permana
Selain beberapa tambahan panel baru, versi terbaru Photoshop ini juga dilengkapi dengan penyempurnaan shortcut. Shortcut tersebut membuat kerja Anda semakin mudah dan cepat. 

#Shortcut Hand Tool pada Penggunaan Zoom Tool #

Ketika Anda memperbesar tampilan sebuah image dengan menggunakan Zoom Tool, maka objek utama yang hendak Anda amati pastinya akan bergeser sehingga tidak tampak di kanvas. Nah, untuk melihat objek utama tersebut sehingga terlihat di kanvas tentunya Anda harus menggesernya dengan memilih Hand Tool pada Toolbox atau dengan menggeser Scrollbar yang berada di sisi-sisi kanvas.

Tetapi pada versi Photoshop CS4 ini sebuah shortcut telah ditambahkan untuk memudahkan kerja Anda. Caranya tekan dan tahanlah tombol huruf H sehingga Anda secara otomatis akan beralih menggunakan Hand Tool. Lantas klik dan tarik kanvas untuk menggesernya sehingga objek utama terlihat. Lakukan langkah ini tanpa melepaskan tombol huruf H. Setelah itu lepaskanlah tombol huruf H sehingga Anda beralih kembali menggunakan Zoom Tool.  


#Shortcut Zoom Tool di Beberapa Kanvas #

Jika Anda sedang bekerja dengan beberapa image dalam kanvas terpisah, maka tentulah Anda membutuhkan ukuran tampilan image yang sama sehingga perbandingan dapat dilakukan dengan lebih seksama. Nah, untuk mengatur ukuran tampilan image dalam kanvas yang berbeda secara bersamaan dan dengan presentase perubahan yang sama maka gunakanlah tombol Shift. Caranya sebagai berikut.  

  1. Pilihlah Zoom Tool pada Toolbox.
  2. Kemudian tekan dan tahanlah tombol Shift.
  3. Lantas klik di salah satu kanvas.
  4. Setelah itu Anda akan mendapati tampilan image dalam kanvas yang diperbesar dengan presentase yang sama.
  5. Sementara itu untuk memperkecil ukuran tampilan image di kedua kanvas tersebut secara bersamaan, pilihlah terlebih dahulu ikon Zoom In di Options Bar.
  6. Setelah itu tekan dan tahan kembali tombol Shift.
  7. Lalu klik di salah satu kanvas sehingga tampilan kedua image akan diperkecil secara bersamaan. 


Tampilan Dua Kanvas yang Diperkecil Bersamaan 


#Shortcut Hand Tool di Beberapa Kanvas#

Selain Zoom Tool yang bisa digunakan di beberapa kanvas sekaligus, Anda pun bisa menggunakan Hand Tool secara bersamaan di beberapa kanvas. Caranya sebagai berikut. 

  1. Pilihlah terlebih dahulu Hand Tool pada Toolbox.
  2. Kemudian tekan dan tahanlah tombol Shift.
  3. Lantas klik dan tarik Hand Tool di salah satu kanvas untuk menggeser tampilannya. Dengan cara ini maka Anda akan mendapati tampilan image di kedua kanvas tersebut akan bergeser secara bersamaan. 

Tampilan Dua Image di Kanvas Berbeda yang Digeser Bersamaan 


#Shortcut untuk Berpindah Kanvas #

Selain dua shortcut di atas yang pastinya akan memudahkan Anda saat bekerja dengan beberapa kanvas, Photoshop CS4 juga menyediakan shortcut untuk berpindah dari tab kanvas yang satu ke tab kanvas lainnya. Nah, untuk berpindah dari satu tab kanvas ke tab kanvas lainnya maka tekan dan tahanlah tombol Ctrl. Lanjutkan dengan menekan tombol Tab untuk berpindah ke tab kanvas berikutnya. Ulangi menekan tombol Tab hingga Anda sampai pada tab kanvas yang Anda tuju. 

Berpindah Kanvas dengan Shortcut



#Shortcut untuk Brush Tool#

Pada versi Photoshop sebelumnya, bila Anda ingin mengubah ukuran Brush Tool tentulah Anda harus beralih terlebih dahulu ke Options Bar. Lantas menggeser slider Diameter atau memilih ukuran Brush yang berbeda. Atau bisa juga dengan menekan tombol [ (kurung siku pembuka) dan tombol ] (kurung siku penutup). Nah pada versi ini shortcut untuk pengaturan Brush Tool telah ditambahkan yakni dengan menekan tombol Alt+tahan lalu tekanlah tombol kanan mouse. Kemudian geserlah kursor ke arah kanan untuk memperbesar ukuran Brush dan sebaliknya ke arah kiri untuk memperkecil. 

#Shortcut di Panel Adjustments Hue/ Saturation dan Black & White#

Panel Adjustments termasuk salah satu panel baru pada versi Photoshop CS4 ini. Pada panel ini Anda akan menemukan berbagai pengaturan seperti Levels, Color Balance, Black & White, Hue/ Saturation dan beberapa pengaturan lainnya. Nah, pada dua pengaturan yakni pengaturan Hue/ Saturation dan Black & White, Photoshop CS4 melengkapinya dengan shortcut yang terbilang cukup unik. Mari kita lihat bersama keunikan shortcut tersebut.  

  1. Bukalah terlebih dahulu panel Adjustments tepatnya di bagian pengaturan Hue/ Saturation.
  2. Selanjutnya klik ikon yang berada di sudut kiri atas panel tersebut.
  3. Lantas klik dan drag di kanvas untuk mengatur nilai Saturation pada image yang sedang Anda buka.
  4. Berikutnya untuk mengatur nilai Hue tekanlah tombol Ctrl lalu klik dan tarik di kanvas. 
     

Mengatur Nilai Adjustments dari Kanvas 

Dengan cara ini maka Anda tidak perlu lagi menggeser slider Hue atau Saturation di panel Adjustments sehingga Anda bisa lebih terfokus pada perubahan yang terjadi pada image. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan di panel Adjustments Black & White.

  1. Awali dengan memilih ikon di sudut kiri atas panel Adjustments Black & White.
  2. Berikutnya klik warna terang pada sebuah objek di kanvas dan drag untuk mengatur nilai Yellow.
  3. Selanjutnya klik warna gelap pada objek di kanvas dan drag untuk mengatur nilai Red. 

Mengatur Adjustments Black & White dari Kanvas 

This entry was posted on 08.58 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: