Panel Masks, Fitur Baru Photoshop CS4
08.19 | Author: Bayu Permana
Panel Masks merupakan sebuah fitur yang benar-benar baru pada versi Photoshop ini. Panel ini secara khusus disediakan untuk memudahkan pengaturan-pengaturan yang berhubungan dengan Layer Mask. Pada panel Masks Anda akan menemukan pengaturan Density, Feather, Mask Edge dan beberapa pengaturan lainnya. Panel Mask bisa temukan berkelompok dengan panel Adjustments dalam Workspace Essentials (default).  

Tampilan Panel Masks 

Selain dalam tampilan Workspace Default, Anda pun bisa memunculkan panel Masks dengan memilih menu Window > Masks. Atau Anda juga bisa memilih ikon Masks yang muncul di Workspace. Dengan memilih ikon ini maka panel Masks bisa disembunyikan atau dimunculkan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Tampilan Ikon Masks


Fasilitas pada Panel Masks

Setelah mengenal sekilas mengenai panel Masks, selanjutnya kita akan melihat fungsi fasilitas-fasilitas yang terdapat di panel Masks. Untuk itu ikutilah penjelasan masing-masing fasilitas tersebut dan contoh penggunaannya berikut ini. 

#Color Range#

Tampilan Fasilitas Color Range 

Salah satu fasilitas yang disediakan di panel Masks adalah Color Range. Dengan fasilitas ini Anda bisa membuat area transparan di sebagian image. Color Range akan mendeteksi warna-warna yang hendak dipertahankan dan mengubah warna lainnya menjadi area transparan.  

  1. Tambahkanlah sebuah layer mask pada image yang telah Anda buka dengan memilih ikon Add a Layer Mask di panel Masks.
  2. Selanjutnya pilihlah tombol Color Range.
  3. Pada kotak dialog Color Range yang muncul, geserlah slider Fuzziness sampai di posisi 200. Lalu pilihlah opsi Image.
  4. Lantas klik pada warna image yang hendak dipertahankan. Sebaliknya warna yang tidak Anda pilih akan berubah menjadi area transparan.
  5. Jika sudah klik tombol OK untuk melihat hasilnya. 
  6. Tampilan Modifikasi Image dengan Fasilitas Color Range (kiri) dan Hasil Penggabungannya dengan Image Lain (kanan) 

   

#Density, Feather dan Invert#

TampilanPengaturan Density, Feather dan Invert

Pada versi Photoshop sebelumnya, Anda harus berpindah dari satu menu ke menu lainnya untuk menghasilkan karya yang menarik dari sebuah objek yang telah ditambahkan dengan Layer Mask. Namun pada versi ini, Anda tidak perlu berpindah kemana pun. Cukup dengan menggunakan kolaborasi tiga fasilitas yakni Density, Feather dan Invert di panel Masks maka Anda akan menghasilkan modifikasi objek yang memuaskan. 

  1. Buatlah terlebih dahulu sebuah bidang seleksi pada image Anda.
  2. Kemudian klik ikon Add a Layer Mask di panel Masks. 
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol Invert untuk membalik area mask. 
  4. Kemudian geserlah slider Density sehingga area mask menjadi transparan.
  5. Sementara itu untuk membuat tepi-tepi area mask menjadi lebih lembut, maka geserlah slider Feather.
  6. Nantinya bila Anda meletakkan sebuah image di belakang image dengan mask ini maka Anda akan memperoleh sebuah karya yang unik.
  7. Tampilan Hasil Modifikasi dengan Pengaturan Density, Feather dan Invert 

#Mask Edge#

Mask Edge merupakan sebuah fasilitas yang menggabungkan beberapa fungsi ke dalam satu wadah. Dalam fasilitas ini Anda akan menemukan fungsi-fungsi seperti pada menu Select yang digunakan untuk mengoreksi dan memodifikasi tepi-tepi objek terseleksi, misalnya Feather, Smooth, Contract dan Expand. Nah, pada fasilitas Mask Edge ini fungsi-fungsi tersebut memiliki cara kerja yang sama namun secara khusus disediakan untuk objek-objek terseleksi yang telah ditambah Layer Mask. Selain itu fasilitas ini juga dilengkapi dengan fungsi-fungsi baru yakni Contract dan Radius yang digunakan untuk menyempurnakan tampilan tepi-tepi objek terseleksi. Hebatnya lagi, fasilitas ini juga menyediakan opsi-opsi preview untuk memudahkan Anda mengamati tampilan objek terseleksi dalam berbagai pilihan. Antara lain tampilan dengan latar belakang hitam, putih, mode Quick Mask dan lain sebagainya.  

  1. Seleksilah terlebih dahulu sebuah image.
  2. Kemudian tambahkan sebuah layer Mask dengan memilih ikon Add a Layer Mask.
  3. Setelah itu klik tombol Mask Edge.
  4. Pada kotak dialog Refine Edge yang muncul, pilihlah salah satu ikon preview untuk melihat tampilan hasil seleksi Anda dalam berbagai mode. Klik ikon Preview the Mask untuk melihat objek terseleksi dalam tampilan layer mask, pilihlah ikon Preview on White untuk menampilkan objek terseleksi dengan latar belakang putih, pilihlah ikon Preview on Black untuk menampilkan objek terseleksi dengan latar belakang hitam, klik ikon Preview on Quick Mask untuk menampilkan objek terseleksi dalam mode Quick mask atau pilihlah ikon Standard Selection Border untuk menampilkan objek terseleksi dengan garis-garis seleksi.
  5. Sementara itu untuk mengatur tepi-tepi objek terseleksi maka geserlah slider-slider berikut ini: Tambahkan nilai Radius untuk membuat transisi tepi-tepi objek terseleksi menjadi lebih lembut tanpa mengurangi detail tampilannya, geserlah slider Contrast ke kanan untuk mempersempit area lembut di tepi-tepi objek sehingga bentuk objek tidak terlihat kabur, tambahkan nilai Smooth untuk menghilangkan tepi-tepi objek terseleksi yang bergerigi atau tajam, geserlah slider Feather ke arah kanan untuk melembutkan tepi-tepi objek dengan membuatnya tampak kabur, geserlah slider Contract/ Expand ke kanan untuk melebarkan area seleksi dan geserlah ke arah sebaliknya untuk mempersempit/ mengerutkan bidang seleksi.
  6. Jika sudah pilihlah tombol OK untuk menerapkan pengaturan tersebut pada objek.
  7. Tampilan Fasilitas Refine Edge

#Vector Mask#

Panel Masks ini secara khusus juga menyediakan fasilitas untuk mengatur Density dan Feather pada objek-objek Vector secara langsung seperti halnya pada objek-objek Pixels. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan Rasterize pada objek vector untuk kemudian menambahkan layer mask dan barulah setelah itu mengatur Density dan Feather. Dengan menggunakan fasilitas ini maka kerja Anda akan menjadi lebih cepat dan singkat.  

Tampilan Pengaturan untuk Modifikasi Vector Masks

  1. Buatlah sebuah objek vector di kanvas.
  2. Selanjutnya geserlah slider Density untuk mengatur intensitas warna latar belakang objek Vector.
  3. Sementara itu untuk melembutkan sisi-sisi objek Vector maka geserlah slider Feather.

 
Tampilan Hasil Modifikasi pada Sebuah Image Vector

This entry was posted on 08.19 and is filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 21 April 2012 pukul 08.53 , Suardiana mengatakan...

terimakasihh atass postingan blog anda tugas saya jadi cepat selesai....
www.suardianapemutran.blogspot.com