Mempersiapkan Jaringan Nirkabel Sendiri
16.42 | Author: Bayu Permana

Saat ini penggunaan jaringan seakan sudah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam dunia kerja maupun dalam lingkungan rumah. Jaringan dirasakan mempermudah dan membuat kerja jadi lebih efektif. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat bila Anda bekerja dalam sebuah jaringan.

        • Berbagi jaringan internet

Inilah yang biasanya menjadi alasan utama bagi sekelompok orang yang memutuskan untuk bekerja dalam sebuah Jaringan. Dengan adanya jaringan maka beberapa orang yang berada di sebuah tempat yang sama bisa berbagi koneksi internet dengan kecepatan yang sama pada waktu yang bersamaan pula.

        • Berbagi file

Selain berbagi koneksi internet, dalam sebuah jaringan Anda pun tidak perlu lagi menggunakan CD atau Flash Disk untuk berbagi file. Anda bisa mengambil dan memindahkan file cukup dengan cara klik dan drag sehingga aktivitas berbagi file pun menjadi lebih mudah dan cepat.

        • Berbagi printer

Jika Anda bekerja di sebuah kantor atau ketika Anda berada di rumah yang memiliki hanya satu printer saja, maka jaringan dapat memudahkan Anda untuk menggunakan fasilitas printer tersebut secara bersama-sama. Dengan cara ini pula Anda bisa memberikan perintah untuk mencetak dari lokasi yang berbeda dengan lokasi printer tersebut berada.

• Menjalankan multiplayer game

Bila Anda seorang yang gemar bermain game maka dalam sebuah jaringan Anda bisa memainkan game interaktif dengan beberapa rekan. Masing-masing orang juga tidak perlu berada dalam ruangan yang sama untuk memainkan game tersebut tetapi mereka cukup berada di ruangan masing-masing.

Agaknya keuntungan yang ditawarkan oleh jaringan nirkabel sangat menggiurkan. Selain itu beberapa kerugian penggunaan jaringan nirkabel yang telah dijabarkan di atas kiranya masih bisa diatasi dengan melakukan langkah-langkah pengamanan dan mengikuti panduan yang akan kami ulas pada bab-bab berikutnya. Nah, selanjutnya bila Anda telah memutuskan untuk menggunakan jaringan nirkabel maka tentunya Anda perlu mengetahui garis besar cara kerja pada jaringan nirkabel sehingga Anda memiliki gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan. Sementara itu bila Anda adalah pengguna jaringan nirkabel maka gambaran mengenai jaringan nirkabel akan membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul berkaitan dengan jaringan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

#Wireless Card#

Setiap komputer pada sebuah jaringan nirkabel harus memiliki Wireless Card yang telah terinstall. Selanjutnya Wireless Card tersebut juga harus dikonfigurasi agar bisa mengirim dan menerima sinyal wireless.

#Wireless Router#

Dalam jaringan nirkabel, Wireless Router merupakan piranti utama yang dibutuhkan untuk membangun jaringan nirkabel. Nantinya piranti tersebut akan terhubung dengan Broadband modem yang menyediakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Wireless Router juga berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio sehingga komputer yang telah terpasang Wireless Card akan terhubung dalam jaringan.

#Medium Access#

Jika komputer dengan Wireless Card telah terhubung dalam jaringan maka selanjutnya Wireless Card akan mengambil tugas untuk menerima atau mengirimkan data ke komputer lainnya melalui gelombang udara. Sebelum sebuah wireless can mengirimkan data maka akan dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui Wireless Card lain yang memiliki sinyal.

#Traffic Flow#

Biasanya di dalam jaringan, lalu lintas data dari satu komputer akan melewati Wireless Router terlebih dahulu. Setelah itu barulah Wireless Router mengirimkan data ke komputer yang dituju oleh komputer yang pertama tersebut.

#Jaringan Nirkabel "Ad Hoc"#

Tipe jaringan ini memungkinkan komputer-komputer terhubung tanpa menggunakan sebuah router. Jadi, Anda bisa bertukar file dengan tanpa harus memiliki sebuah Wireless Router.

Piranti untuk Jaringan Nirkabel

Ketika Anda sedang mempersiapkan jaringan nirkabel dan mencari piranti-piranti yang diperlukan untuk jaringan tersebut maka Anda akan menemukan beberapa istilah atau penyebutan nama piranti yang sebenarnya sama. Nah, untuk mengetahui istilah-istilah atau penyebutan tersebut, simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

  • Wireless router disebut juga dengan istilah wireless broadband router atau access point.
  • Wireless card disebut juga dengan nama PCI adapter, desktop adapter, Wi-Fi adapter atau wireless adapter.
  • Notebook adapter juga disebut dengan cardbus adapter, wireless PC card, radio card, Wi-Fi adapter atau wireless adapter.
  • 2.4 GHz dikenal juga dengan nama 802.11b, 802.11g, b atau g.
  • 5 GHz disebut juga dengan nama 802.11a, Wi-Fi5 atau a.

Selanjutnya untuk mengenal masing-masing piranti yang digunakan dalam jaringan nirkabel, simaklah penjelasan mengenai piranti tersebut berikut ini.

#Wireless Router#

Rata-rata Wireless Router memiliki jangkauan hingga 100 kaki. Jadi, bila Anda ingin membuat jaringan nirkabel di rumah atau untuk sebuah kantor kecil maka Anda memerlukan sebuah Wireless Router. Wireless Router ada yang memiliki satu Band atau Single Band dan ada yang memiliki dua Band atau Dual Band.

  • Wireless Router dengan Single Band berarti Wireless Router tersebut memiliki frekuensi 2.4 GHz (802.11b dan 802.11g) atau frekuensi 5 GHz.
  • Wireless Router dengan Dual Band berarti Wireless Router tersebut memiliki frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz.

Wireless Router dengan Dual Band lebih banyak digunakan karena sebagian besar laptop dan PC biasanya menggunakan Wireless Card dengan frekuensi 2.4 GHz (802.11b or 802.11g). Selain itu Wireless Card dengan frekuensi 2.4 GHz tidak bisa terhubung dengan Wireless Router 5 GHz. Karena itu lebih aman bila Anda memilih
Wireless Router dengan Dual Band sehingga nantinya bisa terkoneksi baik dengan Wireless Card 2.4 GHz dan Wireless Card 5 GHz.

#Wireless Card#

Ada beberapa macam Wireless Card yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa pilihan tersebut.

  • PCI Card

Anda memerlukan satu Wireless PCI Card untuk setiap komputer yang nantinya akan terhubung dalam sebuah jaringan. Nantinya Card ini akan dipasang pada tiap-tiap komputer tersebut.

  • Notebook Adapters

Anda memerlukan Wireless Notebook Card untuk setiap laptop yang nantinya terhubung dalam jaringan. Pastikan pula bahwa pada laptop Anda memiliki Adapter Slot untuk memasang Notebook adapter tersebut.

  • Compact Flash Adapter

Anda memerlukan Compact Flash Adapter ini untuk tiap-tiap laptop yang nantinya terhubung dalam jaringan. Pastikan pula setiap laptop memiliki CF Adapter Slot untuk memasang Compact Flash Adapter.

  • USB Adapters

Anda bisa menggunakan tipe ini bila pada komputer Anda memiliki USB Port. Dengan tipe ini Anda tidak direpotkan dengan aktivitas membuka tutup komputer untuk memasang Card. Karena USB Port ini biasanya terletak di bagian luar komputer sehingga Anda cukup menancapkannya saja.

  • Antena

Dalam banyak kasus Anda pun bisa menggunakan Antenna dalam penggunaan jaringan nirkabel.

This entry was posted on 16.42 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 3 November 2012 pukul 07.45 , Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai jaringan nirkabel, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2169/1/01-01-011.pdf
semoga bermanfaat