Memilih BroadBand dengan Tepat
11.48 | Author: Bayu Permana

Pada sebuah jaringan nirkabel yang juga dilengkapi dengan internet nirkabel, maka Anda akan mendapati komputer yang dihubungkan dengan telepon agar bisa menjelajahi website. Cara seperti inilah yang disebut dengan Dial-up internet. Meskipun dengan cara ini Anda bisa online, namun akses internetnya sangatlah lambat.

Nah, apabila Anda ingin memperoleh akses internet yang lebih cepat maka Anda bisa memilih BroadBand. Tehnologi BroadBand masih menggunakan sambungan telepon namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi sehingga Anda bisa memperoleh informasi yang lebih banyak. Selain itu dengan memilih BroadBand maka Anda bisa mengakses beragam layanan internet dan sekaligus menggunakan pesawat telepon dalam waktu yang bersamaan.

Ada beberapa tipe BroadBand yang tersedia saat ini maka Anda harus bisa memilih salah satu jenis yang tepat untuk digunakan. Nah, untuk lebih jelasnya simaklah beberapa tipe BroadBand berikut ini.

  • ADSL

ADSL kependekan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Dengan memilih tipe ini maka Anda bisa menggunakan saluran telepon yang telah ada untuk terhubung dengan Broadband. Keuntungannya, tipe ini sudah dikenal secara luas dan banyak digunakan orang. Selain itu, ketika Anda memilih tipe ini maka Anda akan mendapatkan semua piranti dan software yang diperlukan sehingga Anda bisa menginstalnya sendiri. Namun ada pula kerugian yang mungkin Anda temui yakni karena ADSL menggunakan jalur yang sama dengan jalur telepon yang Anda gunakan maka ketika banyak orang menggunakan ADSL pada jalur yang sama akan berpengaruh pula pada kecepatan akses internet.

Nantinya bila Anda memilih tipe ini maka Anda akan membutuhkan sebuah Microfilters. Microfilters adalah sebuah konektor kecil yang dipasang pada socket telepon di rumah Anda. Dengan menggunakan Microfilter ini maka saluran telepon Anda akan dibagi sehingga nantinya Anda tetap bisa menerima telepon secara normal dan juga akses ke internet BroadBand.

  • Kabel

Dengan memilih tipe ini maka akses internet akan Anda dapatkan melalui layanan TV kabel yang Anda gunakan. Keuntungannya adalah Anda akan memperoleh akses internet yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan tipe ADSL. Namun sama seperti tipe ADSL, kecepatan akses internet juga akan terpengaruh bila dalam satu jalur terjadi penggunaan secara bersamaan. Selain itu tipe seperti ini hanya tersedia di wilayah-wilayah tertentu saja.

  • Satelit

Dengan memilih tipe ini maka sebuah piringan satelit akan dipasang di rumah atau pekarangan Anda. Tipe seperti ini cocok digunakan bila wilayah Anda belum dirambah oleh tipe ADSL maupun kabel. Tipe ini juga memiliki beberapa kelemahan yakni hanya menawarkan BroadBand dengan kecepatan yang rendah, mudah terganggu dengan adanya perubahan cuaca serta memiliki harga yang cukup mahal.

Memilih Kecepatan BroadBand

Selain tipe BroadBand yang berbeda-beda, BroadBand juga tersedia dalam pilihan-pilihan kecepatan yang beragam. Kecepatan Broadband ini diukur dengan menggunakan satuan Mb (Megabits per Second). Anda bisa memilih kecepatan BroadBand yang sesuai untuk kebutuhan. Misalnya saja bila Anda lebih sering men-download musik, foto atau melihat video secara online maka pilihlah kecepatan BroadBand 2 Mb atau lebih.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sajikan perbandingan kecepatan dan kemampuan BroadBand sehingga Anda bisa memilih kecepatan BroadBand yang dibutuhkan.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Download: 

Normal

dial-up

1Mb

Broadband

2Mb

Broadband

8Mb

Broadband

Sebuah halaman Web standar  

15 dtk 

¾ dtk 

½ dtk 

½ dtk  

Digital foto sebesar 1MB dari email

3 menit

8 dtk 

4 dtk 

1 dtk 

Musik sebesar 3MB dari sebuah website 

9 menit

30 detik 

15 detik 

4 detik 

Film sebesar 600 MB 

30 jam 

100 menit 

50 menit 

12 menit  

Memilih Penyedia Jasa Layanan BroadBand

Setelah Anda menyimak informasi mengenai BroadBand tersebut maka tentunya Anda telah dapat menjatuhkan pilihan pada tipe BroadBand yang ingin digunakan. Nah, langkah selanjutnya adalah Anda harus memilih jasa layanan penyedia BroadBand tersebut. Ada beragam layanan yang tersedia saat ini dan untuk memperoleh informasi mengenai layanan-layanan tersebut Anda bisa mencarinya melalui internet. 

This entry was posted on 11.48 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: