SEO: Menggunakan Google Analytics
10.08 | Author: Bayu Permana

Google Analytics merupakan salah satu perangkat gratis dari Google yang akan menunjukkan jumlah orang yang mengunjungi situs Anda serta cara para pengunjung tersebut menjelajahinya. Google Analytics akan melacak pengunjung melalui situs dan menampilkan laporannya untuk Anda. Dengan cara ini Anda akan menemukan kata kunci yang benar-benar efektif pada halaman web Anda dan mengetahui bagian-bagian paling efektif yang dirambah oleh pengunjung.

#Mendaftar ke Google Analytics#

Nah, untuk menggunakan fasilitas Google Analytics tersebut, maka Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan halaman web atau blog Anda. Caranya sebagai berikut.

  1. Masuklah terlebih dahulu ke alamat http://www.google.com/analytics/.
  2. Selanjutnya masukkanlah Email dan Kata Sandi untuk masuk ke account Gmail Anda. Untuk itu pastikan Anda telah memiliki account di Google.
  3. Pada halaman berikutnya pilihlah tombol Daftar.
  4. Setelah itu masukkan alamat website atau blog Anda pada kolom URL Situs Web. Tentukan pula wilayah serta waktu daerah Anda pada kolom Zona Waktu Negara atau Daerah dan Zona Waktu.
  5. Jika sudah klik tombol Lanjutkan.
  6. Pada halaman berikutnya, masukkanlah identitas Anda, lalu pilihlah tombol Lanjutkan.
  7. Setelah itu Anda akan melihat sebuah halaman yang berisi pernyataan kesepakatan mengenai penggunaan Google Analytics. Pada halaman tersebut pilihlah opsi Ya, saya menyetujui.
  8. Selanjutnya pada halaman yang sama pilihlah tombol Buat Akun Baru.
  9. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode pelacakan Google Analytics. Selanjutnya seleksilah kode tersebut dan tekanlah tombol Ctrl+C.

Tampilan Kode Google Analytics 

#Memasukkan Kode Google Analytics#

Berikutnya masukkan kode pelacakan tersebut pada halaman web Anda sebelum tag . Caranya sebagai berikut. 

  1. Sebagai contoh, kami akan memasukkan kode pelacakan tersebut pada halaman sebuah blog. Untuk itu masuklah ke halaman blog Anda dan bukalah Tab Tata Letak. Lanjutkan dengan memilih Tab Edit HTML.
  2. Selanjutnya pada bagian Edit Template, klik pada baris di atas tag dan tekanlah tombol Ctrl+V untuk memasukkan kode pelacakan yang telah diperoleh sebelumnya.

Memasukkan Kode pada Sebuah Halaman Blog

#Memeriksa Kode yang Telah Terinstall#

Bila kode telah dimasukkan ke halaman web atau blog, selanjutnya kita masuk ke tahapan pemeriksaan kode yang telah terinstall. Caranya sebagai berikut. 

  1. Kembali ke halaman Google Analytics yang menampilkan kode pelacakan, pilihlah tombol Lanjutkan.
  2. Setelah itu Anda akan mendapati informasi bahwa Google Analytics sedang melacak kode pelacakan yang telah dimasukkan. Jika informasi semacam ini tidak tampak, pilihlah opsi Periksa Status pada kolom Profil Situs Web.
  3. Kemudian klik tombol Selesai sehingga muncul konfirmasi bahwa kode pelacakan telah terinstal.

Tampilan Konfirmasi Kode Pelacakan yang telah Terinstall

This entry was posted on 10.08 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: