Fitur Baru Illustrator CS4: Fitur Alignment
16.20 | Author: Bayu Permana
Apa yang harus dilakukan untuk mengatur posisi objek? Mungkin saat ini hal tersebut yang menjadi pertanyaan Anda ketika mengolah objek menggunakan Illustrator CS4. Nah, untuk membantu Anda dalam mengatur posisi objek secara cepat dan akurat, terdapat fasilitas Alignment.
  • Terlebih dahulu pilih menu Window > Align.
  • Pada tab Align Anda akan menemukan beragam ikon yang dikelompokkan ke dalam empat bagian, yaitu: Align Objects (Fasilitas ini berfungsi untuk mengatur posisi objek secara keseluruhan baik dengan posisi horizontal maupun vertikal. Fasilitas ini menyediakan Horizontal Align Left, Horizontal Align Right, Horizontal Align Center, Vertical Align Top, Vertical Align Center, dan Vertical Align Bottom), Distribute Objects (Bagian ini juga menyediakan ikon yang bisa digunakan untuk mengatur posisi objek, yaitu Vertical Distribute Top, Vertical Distribute Center, Vertical Distribute Bottom, Horizontal Distribute Left, Horizontal Distribute Center, Horizontal Distribute Right), Distribute Spacing (Untuk mengatur jarak antara masing-masing objek, Anda bisa menggunakan Vertical Distribute Space dan Horizontal Distribute Space), Align to (Anda bisa mengaktifkan fasilitas Align berdasarkan seleksi yang telah dilakukan (Vertical Distribute Space), objek terseleksi yang dijadikan sebagai target pengaturan posisi (Align to Key Object) , atau berdasarkan artboard (Align to Artboard).

Tampilan Panel Alignment 

  • Pada kotak kombo Align to pilihlah opsi Align to Selection.
  • Seleksilah seluruh objek yang akan diatur posisinya.

Menyeleksi Seluruh Objek yang Hendak Diatur Posisinya 

  • Jika sudah tekanlah ikon pada bagian Align Object. Semisal, Horizontal Align Center.

Memilih Ikon Horizontal Align Center 

  • Berikutnya bisa Anda amati jika objek-objek yang lain akan berpindah sesuai dengan ikon Align yang dipilih.

Tampilan Posisi Objek yang telah Dirapikan 

  • Berikutnya untuk mengatur jarak objek agar sesuai dengan keinginan Anda, tekanlah ikon di bagian Distribute Spacing. Pada contoh kali ini karena jarak objek yang ditengah terlalu ke atas maka dipilih ikon Vertical Distribute Space.

Memilih Ikon Vertical Distribute Space 

  • Jika sudah, jarak objek akan terkoreksi secara otomatis sesuai dengan ikon yang Anda pilih.  

Tampilan Objek-objek yang Telah Diatur Jaraknya 

This entry was posted on 16.20 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: